background img

The New Stuff

Tentang Jurusan Saya

FARMASI


Kata "Farmasi"  sudah tak asing lagi di telingga kita , jika kita mendengar kata itu pasti yang terlintas di pikiran kita adalah Obat-obatan , Farmasi secara umum terutama masyarakat sering mengkaitkan farmasi sebagai salah satu tenaga kesehatan namun tidak sesederhana itu farmasi adalah sebuah bidang besar . farmasi merupakan kombinasi antara ilmu kesehatan dan ilmu kimia  , dimana bidang ini mempunyai tanggung jawab memastikan efektifitas dan penggunaan obat dengan kata lain , farmasi adalah suatu profesi di bidang kesehatan yang meliputi kegiatan - kegiatan di bidang penemuan pengembangan , produksi , penggolahan , peracikan dan distribusi obat .
Oleh karena itu , ruang lingkup praktik farmasi mencakup juga praktik farmasi tradisional , se perti pracikan  dan penyediaan sediaan obat. Farmasi juga terkait dengan pelayanan farmasi moderen  yang berhubungan layanan terhadap pasien (patient care) , di antaranya layanan klinik , evaluasi efikasi dan keamanan penggunaan obat dan penyediaan informasi obat . sedangkan orang yang ahli dibidang tersebut adalah apoteker (farmasis) yaitu gelar professi untuk orang dengan keahlian di bidang farmasi.
Sementara , batasan farmasi menurut kamus adalah seni dan ilmu meracik serta menyerahkan atau membagikan obat, bisa dikatakan farmasi ini bidang ke ilmuan nya , sedangkan farmasis /apoteker  adalah subjek (seseorang) yang meracik  dan menyerahkan atau membagikan obat.



Visi :
Menjadi Program Studi Farmasi terkemuka dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi kefarmasian yang berkeunggulan di bidang farmasi komunitas berbasis pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dan nilai-nilai Islam untuk meningkatkan daya saing bangsa.

Misi :
  1. Menyelenggarakan pendidikan akademik dan profesi, penelitian, serta pengabdian pada masyarakat yang berkualitas dalam bidang farmasi komunitas.
  2. Menyelenggarakan pengelolaan pendidikan yang amanah untuk meningkatkan suasana akademik sehingga dapat mengembangkan kemampuan, keterampilan, dan sikap belajar sepanjang karier.
  3. Menyelenggarakan pembinaan civitas akademik dalam kehidupan islami sehingga mampu beruswah hasanah dalam konteks kefarmasian komunitas.
  4. Menyelenggarakan kerjasama untuk meningkatkan pertumbuhan ilmu pengetahuan dan teknologi kefarmasian dan kelembagaan dengan berbagai pihak baik di tingkat regional, nasional, maupun internasional.

Tujuan :
  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap, perilaku ilmiah dan islami, serta memiliki keunggulan dalam bidang farmasi komunitas.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi yang relevan di bidangnya dan memiliki peluang yang lebih baik untuk bersaing dalam memperoleh pekerjaan di pasar kerja baik nasional maupun global.
  3. Menghasilkan peneliti inovatif yang mencerminkan pemikiran analitis dan kritis yang mampu memecahkan masalah kefarmasian utamanya di bidang farmasi komunitas.
  4. Menghasilkan pengabdi kepada masyarakat yang memiliki kemampuan sebagai ilmuwan dan profesional yang islami dan mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
  5. Mengembangkan kerjasama dengan instansi yang terkait, organisasi profesi, atau kelompok masyarakat baik di tingkat regional, nasional, maupun internasional melalui program-program yang dapat membantu menyelesaikan problem-problem di bidang farmasi.
Fasilitas:


1.        Laboratorium Kimia Terpadu IIDescription: http://pharmacy.umm.ac.id/files/image/Foto_2%282%29.JPG
·      Praktikum Kimia Analisis
·      Praktikum Kimia Farmasi Analisis
·      Praktikum Kimia Organik
·      Praktikum Biokimia
·      Praktikum Fitokimia
2.        Laboratorium Formulasi Sediaan Farmasi
·      Praktikum Formulasi Sediaan Solida
·      Praktikum Formulasi Sediaan Likuida
·      Praktikum Formulasi Sediaan Semisolida
·      Praktikum Formulasi Sediaan Obat Tradisional
3.        Laboratorium Preskripsi
4.        Laboratorium Farmakologi
5.        Laboratorium Farmakognosi
6.        Laboratorium Morfologi Tumbuhan
7.        Laboratorium Faal
8.        Laboratorium Mikrobiologi dan Parasitologi
9.        Laboratorium Anatomi Manusia
10.    Laboratorium Biologi Terpadu
11.    Laboratorium Teknologi Informasi
Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)
Oleh Webmaster - 23 December 2011 | 0 View
Didasari kesadaran penuh atas adanya kesenjangan antara teori yang diperoleh mahasiswa dengan realita kebutuhan masyarakat dan munculnya tuntutan masyarakat atas mutu lulusan perguruan tinggi yang mandiri dan siap mengantisipasi arah pengembangan bangsa, pada tahun 1997 Direktorat Penenlitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, DITLITABMAS merealisasikan Program Pengembangan Budaya Kewirausahaan di Perguruan Tinggi (PBKPT). Salah satu komponen program kunci di dalamnya adalah Program Karya Alternatif Mahasiswa (KAM). Program ini hanya dapat diakses dan dilaksanakan mahasiswa sedangkan program lainnya seperti Kuliah Kewirausahaan (KWU), Kuliah Kerja Usaha (KKU), Magang Kewirausahaan (MKU), Konsultasi Bisnis dan Penempatan Kerja (KBPK) dan Inkubator Wirausaha Baru (INWUB), proposal diajukan kelompok dosen namun wajib menyertakan mahasiswa sebagai pelaku lapangan. KAM merupakan wahana kreasi bagi mahasiswa dalam menciptakan produk (barang atau jasa) yang akan menjadi komoditas usahanya kelak. Sedangkan pematangan sebagai entrepreneur dilakukan pada program INWUB. Dengan demikian, PBKPT merupakan satu kesatuan program pendorong Perguruan Tinggi (PT) dalam menghasilkan enter- ataupun teknopreneur dari kampus.
Dalam perkembangannya, KAM terasa sangat membatasi ruang kreasi mahasiswa yang memiliki minat, bakat dan intelektual beragam. Pada tahun 2001, DITLITABMAS kemudian mengembangkan KAM menjadi Program Kreativitas Mahasiswa yang membuka peluang mahasiswa dalam berkarya seluas para dosennya. Sejak saat itu dikenal berbagai jenis Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), yaitu: PKM-Penelitian (PKMP), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M) dan PKM-Penulisan Artikel Ilmiah (PKM-I). Pada tahun 2002, PKM bergabung dengan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) dan Lomba Karya Tulis Mahasiswa (LKTM) ke dalam program Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) di Surabaya.Atas kebijakan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, sejak tahun 2009 pelaksanaan Kompetisi Karya Tulis Mahasiswa (KKTM) yang dahulunya bernama LKTM diintegrasikan pengelolaannya ke dalam PKM. Mengingat sifatnya yang identik dengan PKM-I, maka program KKTM dikelompokkan bersama PKM-I ke dalam PKM-Karya Tulis (PKM- KT). Untuk membedakannya, PKM-I diberi nama baru PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI) dan KKTM menjadi PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT) sesuai dengan sumber bahan penulisannya. Sesuai dengan sifat artikel yang dihasilkan, maka PKM-AI akan bermuara pada Jurnal Kreativitas Mahasiswa sedangkan PKM-GT menggantikan posisi PKM-AI di PIMNAS.

 



0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts